Posted by : Eko Utomo Haryanto Rabu, 08 Oktober 2014






Pengertian E-Business
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.

Jenis-Jenis E-business
E-bussines adalah sutau kata yang mungkin bagi kita sudah tidak asing lagi, E-bussines merupakan suatu kegiatan bisnis yang dilakukan secara online atau dengan memanfaatkan internet, kegiatan dalam e-bussines tidak saja terbatas pada masalah transaksi penjualan dan pembelelian barang tetapi juga masalah-masalah lain seperti pelayanan komsumen, kolega bisnis dan lain-lain. Dari sisi cakupan inilah yang membedakan antara e-business dan e-comerce dimana e-comerce cakupanya hanya terbatas pada masalah transaksi dan penjualan barang saja. Berikut adalah jenis-jenis e-bussines yang biasa dilakukan :

    B2B, adalah bisnis yang dilakukan sebuah perusahaan dengan perusahaan lain(antara perusahaan) baik itu perusahaan yang bergerak pada bidang industri yang sama ataupun berbeda dengan menggunakan media Internet. B2B biasa dilakukan untuk menghemat biaya transaksi. Sebagai contoh perusahaan A ingin memesan sejumlah unit komputer pada perusahaan B, maka perusahaan A dapat mengakses situs resmi perusahaan B dan menuliskan pesanannya. Perusahaan B yang mendapatkan pesan pemesanan barang tersebut akan mengirimkan barang yang dimaksud. Pembayaran biasanya dilakukan berdasarkan kesepakatan sebelumnya. Meskipun tentu saja pemesanan barang ini dapat dilakukan dengan mengangkat telepon. Salah satu contoh perusahaan di Indonesia yang menerapkan konsep B2B adalah situs www.dagang2000.com milik PT Indosat Adimarga dan www.indonesianexport.com milik PT e-Commerce Nusantara.
    B2C, dapat diartikan sebagai jenis perdagangan elektronik dimana ada sebuah perusahaan (business) yang melakukan penjualan langsung barang-barangnya kepada pembeli (consumer). Kesuksesan dari B2C pada dasarnya dikarenakan faktor penawaran barang kualitas tinggi dengan harga murah dan banyak pula dikarenakan pemberian layanan kepada konsumen yang cukup baik  Contoh perusahaan kelas dunia yang telah menerapkan B2C adalah www.Amazon.com dan www.WSJ.com

    Business to Administrator, adalah sebuah kegiatan memanagement semua aspek bisnis yang dibangun untuk bisa membangun dan mengembangkan bisnis yang dilakukan sesuai dengan sasaran dan tujuan dari pembagun bisnis yang dilakukan. Sebagian besar perusahaan memiliki sebuah kelompok khusus administrator yang bekerja untuk memastikan hal ini terjadi. Contoh situs yang menggunakan konsep ini adalah www.emagister.net
    Brokerage, adalah orang yang menyediakan pasar, brokerage memiliki peran dalam mempertemukan dan memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. Brokerage sering memainkan peran dalam bisnis-to-business (B2B), business-to-konsumen (B2C), atau konsumen-ke-konsumen (C2C). Keuntungan didapat oleh brokerage dari komisi yang diberikan oleh pihak yang terlibat dalam transaksi baik itu penjual atau pembeli. Contoh situsnya seperti www.respond.com atau www.paypal.com
    Seller Driven Market, adalah jenis pasar penjualan elektronik komoditas, dimana dalam pasar ini terjadi kelangkaan komoditas atau barang yang mendasar yang mengakibatkan harga menjadi mahal karena permintaan atas barang / pasokan yang amat tinggi. Contoh situs yang mengaplikasikan pasar ini adalah  www.lelangmurah.com
    Buyer Driven Market, adalah jenis pasar elektronik yang berlawanan dengan pasar Seller driven market. Dalam pasar ini bisanya terdapat banyak sekali situs atau penjual yang menawarkan sebuah produk yang sama sehingga dengan demikian pembeli memilki kesempatan untuk memilih. Ketika keadaan pasar seperti ini biasanya harga barang yang ditawarkan oleh penjual akan cenderung murah. Contoh situs yang cukup terkenal dengan konsep ini misalnya www.buyers-market.net



Ruang lingkup E Business
Ruang Lingkup E Bussiness: Dijelaskan dengan Prinsip (4 W) Yaitu: What, Where, Who dan Why.
1.What
2.Where
3.Who
4. Why

1. What Secara prinsip pengertian E Business jauh lebih luas dibandingkan dengan E Commerce, bahkan secara filosofis, E Commerce merupakan bagian dari E Bussiness. Jika E Commerce hanya memfokuskan diri pada aktivitas atau mekanisme transaksi yang dilakukan secara elektronik/digital, E Bussiness memiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk di dalamnya aktivitas relasi antara dua entiti perusahaan, interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya, kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra bisnisnya, pertukaran informasi antara perusahaan dengan para pesaing usahanya, dan lain sebagainya.

2. Where E Bussiness dilakukan dimana saja, sejauh pihak yang berkepentingan memiliki fasilitas elektronik/digital sebagai kanal akses (access channel). Berbeda dengan bisnis konvensional dimana transaksi biasa dilakukan secara fisik di sekitar perusahaan dengan akses dan variasi transaksi yang terbatas.

3. Who Siapa saja yang melakukan E Bisnis. Klasifikasi entiti yang kerap dipergunakan dalam mengilustrasikan eBusiness, masing-masing: Agent, Business, Consumer, Device, Employee, Family, dan Government. Contohnya adalah sebuah aplikasi tipe eCommerce B-to-C yang merupakan mekanisme hubungan perdagangan antara sebuah perusahaan dengan para pelanggannya (end consumersnya); atau tipe G-to-G yang menghubungkan dua buah negara untuk permasalahan eksport dan import.

4. Why Penerapan konsep eBusiness secara efektif memberikan keuntungan bagi perusahaan karena banyaknya komponen biaya tinggi yanga dapat dihemat, yang secara tidak langsung meningkatkan level pendapatannya. Dengan mengimplementasikan eBusiness, perusahaan dapat melihat berbagai peluang dan celah bisnis baru yang selama ini belum pernah ditawarkan kepada masyarakat.


Kisah Sukses Pengusaha Toko Retail - Sam Walton
Sam Walton, pendiri Wal-Mart, dibesarkan dalam keadaan miskin dalam sebuah komunitas petani di sebuah pedesaan di Missouri. Saat itu Amerika sedang mengalami masa depresi. Kemiskinan yang dialaminya saat beranjak dewasa mengajarkannya tentang nilai dari uang dan ketekunan.
Setelah menyelesaikan kuliahnya di University of Missouri, dia bekerja untuk J.C. Penny dimana dia pertama kali mendapatkan pengalaman mengenai retailing. Dia menjadi pejabat selama masa perang dunia ke 2, dan setelah itu menjadi seorang franchiser yang sukses dari toko Ben Franklin five-and-dime.
Di tahun 1962, dia mendapat ide untuk membuka toko yang lebih besar, yang berada diarea pedusunan, menawarkan produk dengan harga yang murah dan discount yang besar. Namun pihak manajemen tidak setuju dengan visinya ini. Tanpa kenal menyerah, Walton mengejar visinya, mendirikan Wal-Mart dan memulai kisah sukses dari toko retail. Saat Walton meninggal di tahun 1992, kekayaan keluarganya mencapai 25 milyar dollar.
Saat ini Wal-Mart adalah retailer nomor 1 di dunia, dengan lebih dari 4.150 toko, termasuk toko discount, kombinasi antara toko discount dan toko makanan, serta toko gudang yang bersifat keanggotaan (Sam's Club).
Dalam "Running a Successful Company: Ten Rules that Worked for Me," Sam Walton menerangkan tentang 10 prinsip untuk menjalankan sebuah perusahaan yang sukses, yaitu:
Prinsip 1: Berkomitmenlah untuk mensukseskan bisnis anda. Anda harus lebih mempercayainya dibanding siapapun. Saya rasa, saya bisa mengatasi setiap hambatan karena saya mempunyai hasrat yang sangat kuat. Saya tidak tahu apakah anda harus terlahir dengan hasrat seperti ini, atau anda bisa mendapatkannya dengan cara mempelajarinya.
Yang saya tahu saya membutuhkannya. Jika anda mencintai pekerjaan anda, maka anda akan berusaha dengan sepenuh hati untuk melakukannya dengan sebaik mungkin. Sehingga cepat atau lambat, orang-orang disekitar akan tertulari hasrat tersebut, seperti sejenis demam.

Prinsip 2: Bagikan keuntungan anda dengan semua kolega anda, dan perlakukan mereka sebagai partner. Sebagai balasannya, mereka juga akan memperlakukan anda sebagai partner, dan bekerja bersama anda untuk mewujudkan impian dan harapan anda yang terindah.
Tetaplah sebagai sebuah perusahan dan pertahankan kendali jika anda menginginkannya, tapi bertindaklah sebagai pemimpin yang melayani dalam bekerja sama. Dorong kolega anda untuk mempertahankan sahamnya di perusahaan. Tawarkan discount untuk membeli saham, dan beri mereka saham sebagai hadiah untuk masa pensiun. Ini adalah hal terbaik yang bisa kita lakukan.

Prinsip 3: Motivasi partner anda. Uang dan kepemilikan saja tidaklah cukup. Teruslah mencari cara-cara baru dan menarik untuk memotivasi dan mendorong partner anda. Tetapkan target yang tinggi, dorong persaingan, dan kemudian pertahankan skore.
Bertaruhlah untuk hadiah yang besar. Jika sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan, lakukan pertukaran; pindahkan para menejer dari satu tempat ke tempat lain untuk mempertahankan tantangan. Pertahankan agar semua orang cuma bisa menebak trik apa yang akan anda jalankan berikutnya. Jangan menjadi terlalu mudah untuk diprediksi.
Prinsip 4: Komunikasikan semua yang mungkin bisa dengan partner anda. Semakin banyak mereka tahu, semakin mudah mereka untuk memahami. Semakin paham mereka, semakin mereka peduli. Begitu mereka peduli, maka tidak ada yang bisa menghentikan mereka.
Jika anda tidak mempercayai kolega anda untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, maka mereka akan tahu bahwa anda tidak menganggap mereka sebagai partner. Informasi adalah power, dan anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dari memberdayakan kolega anda dari pada mengurangi resiko untuk memberikan informasi pada pesaing.

Prinsip 5: Hargai semua yang dilakukan oleh kolega untuk bisnis anda. Gaji dan saham memang bisa membeli kesetiaan. Tapi kita semua menyukai saat seseorang memberi tahu bahwa dia menghargai apa yang kita lakukan untuknya.
Kita ingin lebih sering mendengarnya, terutama saat kita melakukan sesuatu yang benar-benar kita banggakan. Tidak ada yang bisa menggantikan kata-kata pujian yang tulus dan jujur. Kata-kata ini gratis tapi sangat bernilai.

Prinsip 6: Rayakan kesuksesan anda. Cari sesuatu yang lucu dalam kegagalan anda. Jangan terlalu mengkritik diri sendiri. Jika anda tenang, maka orang-orang disekitar anda ikut tenang. Bersenang-senanglah. Tunjukkan rasa antusias, selalu.
Saat semuanya gagal, ambil kostum dan nyanyikan lagu yang konyol. Lalu, buat semua orang bernyanyi bersama anda. Jangan lakukan hula-hoop di Wall Street. Itu sudah pernah dilakukan. Cari cara anda sendiri. Bersenang-senang itu jauh lebih penting dan lebih menyenangkan dibanding yang anda kira, dan ini sebenarnya hanyalah kompetisi yang bodoh. "Mengapa kita harus menganggap serius orang-orang yang ada di Wal-Mart?"

Prinsip 7: Dengarkan semua orang yang ada di dalam perusahaan dan cari cara untuk membuat mereka bicara. Mereka yang berada di barisan terdepan, mereka yang berbicara langsung pada konsumen, adalah yang paling tahu apa yang sebenarnya terjadi di sana.
Anda harus mencari tahu apa yang mereka ketahui. Inilah sebenarnya yang dimaksud dengan kualitas total. Untuk membuat orang-orang menjadi lebih bertanggung jawab, dan memaksa ide-ide hebat untuk muncul, anda harus mendengarkan apa yang kolega anda ingin sampaikan pada anda.

Prinsip 8: Berikan lebih dari apa yang diharapkan oleh konsumen anda. Jika anda melakukannya, mereka akan kembali dan kembali lagi. Berikan apa yang mereka inginkan, dan tambahkan sedikit. Buat mereka jadi tahu bahwa anda menghargainya.
Perbaiki semua kesalahan anda, dan jangan mencari-cari alasan, minta ma'aflah. Yakinlah terhadap semua yang anda lakukan. Dua kata terbaik yang pernah saya tuliskan di Wal-Mart pertama adalah tanda yang bertuliskan : "Satisfaction Guaranteed." Tanda tersebut masih ada disana, dan telah memberikan perbedaan yang nyata.

Prinsip 9: Kendalikan pengeluaran anda dengan cara yang lebih baik dibanding pesaing anda. Disinilah anda selalu bisa menemukan keunggulan yang kompetitif. Selama 25 tahun, lama sebelum Wal-Mart dikenal sebagai retailer terbesar, kami telah berada di posisi 1 dalam industri kami untuk rasio terendah dalam perbandingan antara pengeluaran dengan penjualan.
Anda mungkin saja akan melakukan berbagai kesalahan tapi tetap bisa kembali pulih jika anda beroperasi dengan efektif. Atau anda boleh saja sangat brilliant tapi tetap bangkrut jika terlalu boros.

Prinsip 10: Berenang melawan arus. Abaikan kebijaksanaan konvensional. Jika semua orang melakukan dengan suatu cara, maka anda punya peluang yang bagus untuk menemukan pangsa pasar anda dengan cara melakukan yang sebaliknya.
Tapi bersiaplah untuk menghadapi banyak oraang yang akan mengatakan bahwa cara arah yang anda pilih itu salah. Saya rasa, selama bertahun-tahun, apa yang paling sering saya dengar dibanding hal lain adalah: sebuah kota dengan populasi yang kurang dari 50.000 tidak bisa mensupport toko discount untuk waktu yang sangat lama.

Sumber :
http://rerimbun.blog.com/2010/04/30/jenis-jenis-e-business/
http://nisa11019.blogspot.com/2012/12/e-business-dan-e-commerce.html
http://poetragans.blogspot.com/2010/10/pengertian-ruang-lingkup-jenis-proses-e.html
http://kisah-pengusaha-sukses.blogspot.com/2011/02/kisah-sukses-pengusaha-toko-retail-sam.html

{ 1 komentar... read them below or add one }

  1. Top 3 Videos on YouTube | Videodl.cc
    Top 3 Videos on YouTube. Discover top 3 videos on YouTube. download youtube videos Discover top 3 videos on YouTube. Discover top 3 videos on YouTube. Discover top 3 videos on YouTube.

    BalasHapus

- Copyright © 2013 ☆☆AAA☆☆ - Hentai Ouji To Warawanai Neko - Powered by Blogger -