- Home >
- Sistem Informasi Akuntansi >
- E-Business
Posted by : Eko Utomo Haryanto
Rabu, 08 Oktober 2014
Pengertian E-Business
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah
kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan
dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu
perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan
eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai
untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi
permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan proses
bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic
purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan
order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama
dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di
antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet,
intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
Jenis-Jenis E-business
E-bussines adalah sutau kata yang mungkin bagi kita
sudah tidak asing lagi, E-bussines merupakan suatu kegiatan bisnis yang
dilakukan secara online atau dengan memanfaatkan internet, kegiatan dalam
e-bussines tidak saja terbatas pada masalah transaksi penjualan dan pembelelian
barang tetapi juga masalah-masalah lain seperti pelayanan komsumen, kolega
bisnis dan lain-lain. Dari sisi cakupan inilah yang membedakan antara
e-business dan e-comerce dimana e-comerce cakupanya hanya terbatas pada masalah
transaksi dan penjualan barang saja. Berikut adalah jenis-jenis e-bussines yang
biasa dilakukan :
B2B, adalah
bisnis yang dilakukan sebuah perusahaan dengan perusahaan lain(antara
perusahaan) baik itu perusahaan yang bergerak pada bidang industri yang sama
ataupun berbeda dengan menggunakan media Internet. B2B biasa dilakukan untuk
menghemat biaya transaksi. Sebagai contoh perusahaan A ingin memesan sejumlah
unit komputer pada perusahaan B, maka perusahaan A dapat mengakses situs resmi
perusahaan B dan menuliskan pesanannya. Perusahaan B yang mendapatkan pesan
pemesanan barang tersebut akan mengirimkan barang yang dimaksud. Pembayaran
biasanya dilakukan berdasarkan kesepakatan sebelumnya. Meskipun tentu saja
pemesanan barang ini dapat dilakukan dengan mengangkat telepon. Salah satu
contoh perusahaan di Indonesia yang menerapkan konsep B2B adalah situs
www.dagang2000.com milik PT Indosat Adimarga dan www.indonesianexport.com milik
PT e-Commerce Nusantara.
B2C, dapat
diartikan sebagai jenis perdagangan elektronik dimana ada sebuah perusahaan
(business) yang melakukan penjualan langsung barang-barangnya kepada pembeli
(consumer). Kesuksesan dari B2C pada dasarnya dikarenakan faktor penawaran
barang kualitas tinggi dengan harga murah dan banyak pula dikarenakan pemberian
layanan kepada konsumen yang cukup baik
Contoh perusahaan kelas dunia yang telah menerapkan B2C adalah
www.Amazon.com dan www.WSJ.com
Business to
Administrator, adalah sebuah kegiatan memanagement semua aspek bisnis yang
dibangun untuk bisa membangun dan mengembangkan bisnis yang dilakukan sesuai
dengan sasaran dan tujuan dari pembagun bisnis yang dilakukan. Sebagian besar
perusahaan memiliki sebuah kelompok khusus administrator yang bekerja untuk
memastikan hal ini terjadi. Contoh situs yang menggunakan konsep ini adalah
www.emagister.net
Brokerage,
adalah orang yang menyediakan pasar, brokerage memiliki peran dalam
mempertemukan dan memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. Brokerage
sering memainkan peran dalam bisnis-to-business (B2B), business-to-konsumen
(B2C), atau konsumen-ke-konsumen (C2C). Keuntungan didapat oleh brokerage dari
komisi yang diberikan oleh pihak yang terlibat dalam transaksi baik itu penjual
atau pembeli. Contoh situsnya seperti www.respond.com atau www.paypal.com
Seller Driven
Market, adalah jenis pasar penjualan elektronik komoditas, dimana dalam pasar
ini terjadi kelangkaan komoditas atau barang yang mendasar yang mengakibatkan
harga menjadi mahal karena permintaan atas barang / pasokan yang amat tinggi.
Contoh situs yang mengaplikasikan pasar ini adalah www.lelangmurah.com
Buyer Driven
Market, adalah jenis pasar elektronik yang berlawanan dengan pasar Seller
driven market. Dalam pasar ini bisanya terdapat banyak sekali situs atau
penjual yang menawarkan sebuah produk yang sama sehingga dengan demikian
pembeli memilki kesempatan untuk memilih. Ketika keadaan pasar seperti ini
biasanya harga barang yang ditawarkan oleh penjual akan cenderung murah. Contoh
situs yang cukup terkenal dengan konsep ini misalnya www.buyers-market.net
Ruang lingkup E Business
Ruang Lingkup E Bussiness: Dijelaskan dengan Prinsip (4
W) Yaitu: What, Where, Who dan Why.
1.What
2.Where
3.Who
4. Why
1. What Secara prinsip pengertian E Business jauh lebih
luas dibandingkan dengan E Commerce, bahkan secara filosofis, E Commerce
merupakan bagian dari E Bussiness. Jika E Commerce hanya memfokuskan diri pada
aktivitas atau mekanisme transaksi yang dilakukan secara elektronik/digital, E
Bussiness memiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk di dalamnya aktivitas
relasi antara dua entiti perusahaan, interaksi antara perusahaan dengan
pelanggannya, kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra bisnisnya,
pertukaran informasi antara perusahaan dengan para pesaing usahanya, dan lain
sebagainya.
2. Where E Bussiness dilakukan dimana saja, sejauh pihak
yang berkepentingan memiliki fasilitas elektronik/digital sebagai kanal akses
(access channel). Berbeda dengan bisnis konvensional dimana transaksi biasa
dilakukan secara fisik di sekitar perusahaan dengan akses dan variasi transaksi
yang terbatas.
3. Who Siapa saja yang melakukan E Bisnis. Klasifikasi
entiti yang kerap dipergunakan dalam mengilustrasikan eBusiness, masing-masing:
Agent, Business, Consumer, Device, Employee, Family, dan Government. Contohnya
adalah sebuah aplikasi tipe eCommerce B-to-C yang merupakan mekanisme hubungan
perdagangan antara sebuah perusahaan dengan para pelanggannya (end
consumersnya); atau tipe G-to-G yang menghubungkan dua buah negara untuk
permasalahan eksport dan import.
4. Why Penerapan konsep eBusiness secara efektif
memberikan keuntungan bagi perusahaan karena banyaknya komponen biaya tinggi
yanga dapat dihemat, yang secara tidak langsung meningkatkan level
pendapatannya. Dengan mengimplementasikan eBusiness, perusahaan dapat melihat
berbagai peluang dan celah bisnis baru yang selama ini belum pernah ditawarkan
kepada masyarakat.
Kisah
Sukses Pengusaha Toko Retail - Sam Walton
Sam Walton, pendiri Wal-Mart, dibesarkan dalam keadaan
miskin dalam sebuah komunitas petani di sebuah pedesaan di Missouri. Saat itu
Amerika sedang mengalami masa depresi. Kemiskinan yang dialaminya saat beranjak
dewasa mengajarkannya tentang nilai dari uang dan ketekunan.
Setelah menyelesaikan kuliahnya di University of
Missouri, dia bekerja untuk J.C. Penny dimana dia pertama kali mendapatkan
pengalaman mengenai retailing. Dia menjadi pejabat selama masa perang dunia ke
2, dan setelah itu menjadi seorang franchiser yang sukses dari toko Ben
Franklin five-and-dime.
Di tahun 1962, dia mendapat ide untuk membuka toko yang
lebih besar, yang berada diarea pedusunan, menawarkan produk dengan harga yang
murah dan discount yang besar. Namun pihak manajemen tidak setuju dengan
visinya ini. Tanpa kenal menyerah, Walton mengejar visinya, mendirikan Wal-Mart
dan memulai kisah sukses dari toko retail. Saat Walton meninggal di tahun 1992,
kekayaan keluarganya mencapai 25 milyar dollar.
Saat ini Wal-Mart adalah retailer nomor 1 di dunia,
dengan lebih dari 4.150 toko, termasuk toko discount, kombinasi antara toko
discount dan toko makanan, serta toko gudang yang bersifat keanggotaan (Sam's
Club).
Dalam "Running a Successful Company: Ten Rules that
Worked for Me," Sam Walton menerangkan tentang 10 prinsip untuk
menjalankan sebuah perusahaan yang sukses, yaitu:
Prinsip 1: Berkomitmenlah untuk mensukseskan bisnis
anda. Anda harus lebih mempercayainya dibanding siapapun. Saya rasa, saya bisa
mengatasi setiap hambatan karena saya mempunyai hasrat yang sangat kuat. Saya
tidak tahu apakah anda harus terlahir dengan hasrat seperti ini, atau anda bisa
mendapatkannya dengan cara mempelajarinya.
Yang saya tahu saya membutuhkannya. Jika anda mencintai
pekerjaan anda, maka anda akan berusaha dengan sepenuh hati untuk melakukannya
dengan sebaik mungkin. Sehingga cepat atau lambat, orang-orang disekitar akan
tertulari hasrat tersebut, seperti sejenis demam.
Prinsip 2: Bagikan keuntungan anda dengan semua kolega
anda, dan perlakukan mereka sebagai partner. Sebagai balasannya, mereka juga
akan memperlakukan anda sebagai partner, dan bekerja bersama anda untuk
mewujudkan impian dan harapan anda yang terindah.
Tetaplah sebagai sebuah perusahan dan pertahankan
kendali jika anda menginginkannya, tapi bertindaklah sebagai pemimpin yang
melayani dalam bekerja sama. Dorong kolega anda untuk mempertahankan sahamnya
di perusahaan. Tawarkan discount untuk membeli saham, dan beri mereka saham
sebagai hadiah untuk masa pensiun. Ini adalah hal terbaik yang bisa kita
lakukan.
Prinsip 3: Motivasi partner anda. Uang dan kepemilikan
saja tidaklah cukup. Teruslah mencari cara-cara baru dan menarik untuk
memotivasi dan mendorong partner anda. Tetapkan target yang tinggi, dorong
persaingan, dan kemudian pertahankan skore.
Bertaruhlah untuk hadiah yang besar. Jika sesuatu tidak
berjalan sesuai keinginan, lakukan pertukaran; pindahkan para menejer dari satu
tempat ke tempat lain untuk mempertahankan tantangan. Pertahankan agar semua
orang cuma bisa menebak trik apa yang akan anda jalankan berikutnya. Jangan
menjadi terlalu mudah untuk diprediksi.
Prinsip 4: Komunikasikan semua yang mungkin bisa dengan
partner anda. Semakin banyak mereka tahu, semakin mudah mereka untuk memahami.
Semakin paham mereka, semakin mereka peduli. Begitu mereka peduli, maka tidak
ada yang bisa menghentikan mereka.
Jika anda tidak mempercayai kolega anda untuk mengetahui
apa yang sebenarnya terjadi, maka mereka akan tahu bahwa anda tidak menganggap
mereka sebagai partner. Informasi adalah power, dan anda akan mendapatkan
keuntungan yang lebih banyak dari memberdayakan kolega anda dari pada
mengurangi resiko untuk memberikan informasi pada pesaing.
Prinsip 5: Hargai semua yang dilakukan oleh kolega untuk
bisnis anda. Gaji dan saham memang bisa membeli kesetiaan. Tapi kita semua
menyukai saat seseorang memberi tahu bahwa dia menghargai apa yang kita lakukan
untuknya.
Kita ingin lebih sering mendengarnya, terutama saat kita
melakukan sesuatu yang benar-benar kita banggakan. Tidak ada yang bisa
menggantikan kata-kata pujian yang tulus dan jujur. Kata-kata ini gratis tapi
sangat bernilai.
Prinsip 6: Rayakan kesuksesan anda. Cari sesuatu yang
lucu dalam kegagalan anda. Jangan terlalu mengkritik diri sendiri. Jika anda
tenang, maka orang-orang disekitar anda ikut tenang. Bersenang-senanglah.
Tunjukkan rasa antusias, selalu.
Saat semuanya gagal, ambil kostum dan nyanyikan lagu
yang konyol. Lalu, buat semua orang bernyanyi bersama anda. Jangan lakukan
hula-hoop di Wall Street. Itu sudah pernah dilakukan. Cari cara anda sendiri.
Bersenang-senang itu jauh lebih penting dan lebih menyenangkan dibanding yang
anda kira, dan ini sebenarnya hanyalah kompetisi yang bodoh. "Mengapa kita
harus menganggap serius orang-orang yang ada di Wal-Mart?"
Prinsip 7: Dengarkan semua orang yang ada di dalam
perusahaan dan cari cara untuk membuat mereka bicara. Mereka yang berada di
barisan terdepan, mereka yang berbicara langsung pada konsumen, adalah yang
paling tahu apa yang sebenarnya terjadi di sana.
Anda harus mencari tahu apa yang mereka ketahui. Inilah
sebenarnya yang dimaksud dengan kualitas total. Untuk membuat orang-orang
menjadi lebih bertanggung jawab, dan memaksa ide-ide hebat untuk muncul, anda
harus mendengarkan apa yang kolega anda ingin sampaikan pada anda.
Prinsip 8: Berikan lebih dari apa yang diharapkan oleh
konsumen anda. Jika anda melakukannya, mereka akan kembali dan kembali lagi.
Berikan apa yang mereka inginkan, dan tambahkan sedikit. Buat mereka jadi tahu
bahwa anda menghargainya.
Perbaiki semua kesalahan anda, dan jangan mencari-cari
alasan, minta ma'aflah. Yakinlah terhadap semua yang anda lakukan. Dua kata
terbaik yang pernah saya tuliskan di Wal-Mart pertama adalah tanda yang
bertuliskan : "Satisfaction Guaranteed." Tanda tersebut masih ada
disana, dan telah memberikan perbedaan yang nyata.
Prinsip 9: Kendalikan pengeluaran anda dengan cara yang
lebih baik dibanding pesaing anda. Disinilah anda selalu bisa menemukan
keunggulan yang kompetitif. Selama 25 tahun, lama sebelum Wal-Mart dikenal
sebagai retailer terbesar, kami telah berada di posisi 1 dalam industri kami
untuk rasio terendah dalam perbandingan antara pengeluaran dengan penjualan.
Anda mungkin saja akan melakukan berbagai kesalahan tapi
tetap bisa kembali pulih jika anda beroperasi dengan efektif. Atau anda boleh
saja sangat brilliant tapi tetap bangkrut jika terlalu boros.
Prinsip 10: Berenang melawan arus. Abaikan kebijaksanaan
konvensional. Jika semua orang melakukan dengan suatu cara, maka anda punya
peluang yang bagus untuk menemukan pangsa pasar anda dengan cara melakukan yang
sebaliknya.
Tapi bersiaplah untuk menghadapi banyak oraang yang akan
mengatakan bahwa cara arah yang anda pilih itu salah. Saya rasa, selama
bertahun-tahun, apa yang paling sering saya dengar dibanding hal lain adalah:
sebuah kota dengan populasi yang kurang dari 50.000 tidak bisa mensupport toko
discount untuk waktu yang sangat lama.
Sumber :
http://rerimbun.blog.com/2010/04/30/jenis-jenis-e-business/
http://nisa11019.blogspot.com/2012/12/e-business-dan-e-commerce.html
http://poetragans.blogspot.com/2010/10/pengertian-ruang-lingkup-jenis-proses-e.html
http://kisah-pengusaha-sukses.blogspot.com/2011/02/kisah-sukses-pengusaha-toko-retail-sam.html
Top 3 Videos on YouTube | Videodl.cc
BalasHapusTop 3 Videos on YouTube. Discover top 3 videos on YouTube. download youtube videos Discover top 3 videos on YouTube. Discover top 3 videos on YouTube. Discover top 3 videos on YouTube.